Belanja hemat tak perlu malu dan tak perlu ragu. Silakan cari nama toko, alamat perusahaan, nomor telepon serta alamat websitenya di situs ini. Gampang bukan?

Tips Menawar Harga Paling Murah

"Wah, yang satu ini bagus juga ya? Sekarang harganya berapa?" kurang lebih itulah salah satu tips menawar harga paling murah.
Sekalipun membeli di toko paling murah, tetap saja kita harus menawar. Menawar harga adalah sebuah seni dan kecerdikan sebagai pembeli. Toh semua orang memang membutuhkan barang-barang paling murah bukan? Pandai-pandailah menawar. Menawarlah dengan sebuah trik sesuai etika bisnis. Sebab jika tidak demikian kita bisa bisa dicap sebagai pembeli yang pelit atau bahkan kikir. Meski pembeli adalah raja, namun tidak akan ada respek terhadap raja yang diktator.

Tips Menawar Harga Barang

Tujuan kita menawar adalah untuk mendapatkan harga yang wajar, lebih murah dari tempat lain atau paling murah dari semua toko yang ada. Menawar atau membanding-bandingkan harga bukanlah dosa atau kejahatan. Tidak ada yang melarangnya dan memang tidak bisa dilarang. Kita tidak mempermainkan penjual (pemilik toko). Pemilik toko pun paham akan hal ini sebab jika mereka berbelanja juga berlaku demikian. Satu sisi kita bisa sebagai konsumen tetapi di sini lain mungkin kita adalah penjual. Seorang pemilik showroom mobil yang datang ke toko buah lalu menawar harga buah, saat  itu dia sebagai pembeli buah. Wajar dia menawar dan adalah hal yang wajar juga jika ada pembeli yang menawar harga mobil.

Bersikap ramah. Semua orang suka kepada orang yang ramah. Pertama kali datang ke sebuah toko atau menghubungi pemilik toko lewat telepon, usahakan untuk bersikap ramah dan santai. Bisa dengan tutur kata yang halus, senyuman di wajah atau gerak-gerik yang tampak bersahabat. Pokoknya rileks saja dan tak perlu dibuat-buat. Meskipun pada saat yang bersamaan si pemilik toko baru saja "ngamuk", cembetut habis memarahi karyawannya, kita harus tetap ramah dan enjoy saja. Bos yang marah kepada pegawai adalah hal yang sudah biasa jika pegawainya melakukan kesalahan fatal. Jangan karena si pemilik lagi emosi lalu kita datang ke tokonya dengan emosi juga. Bukan transaksi dagang yang terjadi tetapi malah perang dunia ke-3.

Jangan pernah berpikir - sekalipun benar kita adalah orang kaya - bahwa uang adalah segala-galanya sehingga kita bisa bersikap arogan: main tawar seenak perut. Pernahkah kita merenung, "Bagaimana jika si pemilik toko lebih kaya dari kita?" Tahukah kita sudah berapa lama mereka berusaha dan sebesar apa aset dan hartanya? Jadi jangan menilai orang dari luar saja sebab penjaga atau pemilik toko yang cuma memakai celana pendek, kaos oblong, makan nasi bungkus bisa saja hartanya melebihi kita. Jadi bersikaplah ramah.

Lagi pengen jalan-jalan dan lihat-lihat saja. Datanglah ke sebuah toko bukan untuk membeli meski memang kita ingin membeli. Kita masuk dan muter-muter melihat barang-barang yang dipajang (window shopping) meski dalam hati kita mengincar sebuah barang. Barang yang ingin kita beli, kita tawar dengan kalimat ini, "Kalau untuk yang satu ini sekarang harganya berapa ya?" Si pemilik toko atau penjaga toko pasti akan menyebut harganya. Catat dan ingat! Sambil mengangguk kita muter-muter lagi akhirnya keluar.

Sekarang bandingkan produk yang sama di toko lainnya. Gunakan trik satu ini sampai semua toko sudah kita kunjungi. Jika mendapatkan toko yang memberikan harga paling murah, tawarlah lagi atau belilah langsung saat itu juga. Tips ini memang membutuhkan sedikit kerja keras untuk mengelilingi banyak toko. Ya namanya ingin cari barang murah tentu harus berusaha. Asal jangan pindah toko yang jaraknya jauh dan macet. Itu konyol namanya. Habis di ongkos.

Saya berencana membeli. Kalau ingin tampak lebih profesional dalam menawar harga, gunakan tips satu ini. Jadi Anda tidak datang dengan muka pengen (mupeng) yang dari kejauhan sudah terbaca oleh si penjual. Tahukan muka pengen itu seperti apa? Hasratnya mengebu-ngebu dengan mata berbinar-binar sambil membuka dompet. Jangan lakukan itu!

Anda datang atau hubungi si pemilik toko dan mengutarakan keinginan Anda. Kalau itu adalah jasa, tinggal Anda katakan, "Saya ada rencana mau buat bla..bla..bla. Kira-kita untuk tipe pengerjaan, desain seperti ini...bla...bla..bla dikenakan harga berapa ya?" Kurang lebih seperti itu. Intinya menyuruh pemilik toko atau staf perusahaan memberikan perincian harga dan biaya. Dari sana kita bisa mendapatkan gambaran harga yang diberikan apakah cukup murah, sudah murah, paling murah atau sebaliknya. Jika benar murah harus segera kita eksekusi karena penjual juga bisa mempunyai trik.

Bisa kurang lagi gak ya? Setelah mengetahui kepastian harga dari si pemilik toko, kita bisa meminta diskon lagi. Gunakan kalimat, "Bisa kurang lagi gak ya?" Jika bisa kurang pasti akan dikurangi, jika tidak bisa sudah pasti tidak bisa. Ada beberapa toko yang sudah mencantumkan harga nett (pasti) yang tidak boleh ditawar lagi. Sebenarnya bukan tidak boleh ditawar tetapi memang tidak akan diturunkan lagi sebab sudah harga pas.

Harap diingat bahwa masalah pembayaran dan kuantitas pemesanan bisa sangat mempengaruhi harga barang. Kami harap Anda membaca artikel diskon yang sudah kami tulis. Tidaklah mungkin kita yang ngutangnya 6 bulan (sistem pembayaran kredit) meminta harga lebih murah dari mereka yang membayar tunai (cash). Atau mereka yang membeli 10 unit meminta harga yang sama dengan mereka yang membeli 100 unit. Jadi ikutilah etika dan aturan bisnis.

Jangan pernah sekali-kali berbohong atau mencoba menggertak pemilik toko dengan berkata, "Masa sih harganya segitu? Tadi dari toko sebelah saja harganya segini."

Kalau toko yang Anda sebutkan tadi masih satu kompleks atau berdekatan dengan toko yang Anda gertak, Anda akan ditertawakan si penjual. Karena biasanya si penjual sudah saling memiliki informasi harga bahkan melakukan kerjasama dagang. Kalau Anda tetap ngotot jangan sampai malu sendiri di mana si penjual akan berkata, "Kalau di sana lebih murah, kenapa tidak beli di sana saja?"

Kurang lebih itulah beberapa tips menawar harga barang. Selamat mencoba dan berjumpa lagi dengan tips-tips menarik berikutnya.

Sponsored links Tips Menawar Harga Paling Murah:
 
 
This online store website designed by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes and reviewed by Konsumen Review