Belanja hemat tak perlu malu dan tak perlu ragu. Silakan cari nama toko, alamat perusahaan, nomor telepon serta alamat websitenya di situs ini. Gampang bukan?

Alternatif Transaksi: Gunakan Rekening Bersama!

Gunakan layanan transaksi rekening bersama (escrow services) untuk menghindari penipuan baik buat penjual atau pembeli. Cari agen escrow yang sudah memiliki reputasi dan bisa ditelusuri.
Untuk menghindari praktek penipuan jual beli online, selain menggunakan jasa layanan cash on delivery (COD), Anda juga bisa menggunakan transaksi pembayaran lewat "Rekening Bersama" atau "Escrow Agent". Jika pilihan COD tidak ada, maka saran kami gunakan rekening bersama. Kalau tidak, Anda akan mudah ditipu kawanan penipu. Sesal kemudian sudah tidak ada gunanya. Apa pengertian rekening bersama? Bagaimana sistem dan cara kerjanya?

Rekening Bersama alias Escrow Agent

Penipuan toko online bertujuan mengincar uang kita. Penipu akan berusaha memaksa, mendorong, meyakinkan dan membius kita untuk sesegera mungkin mentransfer uang ke rekening mereka sebagai bukti keseriusan berbelanja. Apa saja bisa diomongin oleh kawanan penipu ini untuk meyakinkan korbannya. Mulai dari stok barang yang terbatas, siapa cepat dia dapat, toko udah mau tutup, lagi antri barang, dsb. Namun ketika uang sudah diterima, saat itu juga para penipu akan kabur dan menghilangkan jejak. Mereka tidak akan pernah mengirimkan barang yang dipesan! Namanya saja penipu.

Semua posting, testimoni yang dilakukan oleh kawanan penipu seperti di forum Kaskus, Facebook, Tokobagus, Berniaga, iklan baris, blog, bahkan website adalah palsu semua. Anda harus waspada! Tragisnya, pengelola atau admin berbagai situs tersebut seolah-olah berdiam diri dan tidak merasa bersalah. Padahal kalau mereka serius mau mencegah semuanya itu, gampang kok. Berlakukan aturan main yang ketat dan lalukan verifikasi langsung kepada setiap pemasang iklan. Bukan membiarkan korban terus berjatuhan. 

Mari kita andaikan A = pembeli, sedangkan B = penjual. Jika transaksi belanja online biasa maka A mentransfer uang ke B, baru kemudian B mengirimkan barangnya. Tidak mungkin B mengirimkan barangnya dulu sebab bagaimana jika si A tidak membayarnya? Sampai di sini paham ya. Transaksi seperti ini adalah yang biasa terjadi dan memang begitulah aturan mainnya. Masalahnya: ada banyak sekali orang-orang seperti B ini yang ternyata adalah kawanan penipu. Mereka bukan penjual, tidak memiliki toko bahkan tidak memiliki barang dan jasa yang ditawarkan namun mereka mengaku sebagai penjual. Otomatis jika A transfer uang ke B, saat itu juga B akan kabur membawa uang si A. Untuk melacak apakah si B adalah penjual asli atau bukan, kami sudah menuliskan artikelnya yakni 10 ciri khas toko online penipuan.

A = pembeli
B = penjual
C = rekening bersama (escrow agent)

Jika menggunakan rekening bersama maka A tidak melakukan pembayaran ke B tetapi ke C. Si C akan menginformasikan kepada B bahwa uangnya sudah masuk sehingga bisa segera mengirimkan barangnya ke A. Dengan demikian si B juga tidak perlu was-was nanti si A tidak membayarnya karena memang uangnya sudah masuk. Setelah si A menerima barang kiriman dari si B, maka A menginformasikannya ke C. Si C langsung mentransfer uang ke B. Kurang lebih seperti itu gambaran kasarnya. Dengan demikian jika si B adalah penipu maka si A tidak akan menjadi korban. Begitu sebaliknya si B juga tidak akan tertipu oleh si A karena barang tidak akan dikirimkan sebelum memastikan si A mentransfer uang ke rekening bersama (C). Sampai di sini apakah Anda mengerti?

Lalu apa keuntungan si C menjadi mediator transaksi seperti ini? Sudah pasti ada biaya fee yang harus dibayarkan baik oleh si A atau si B atau kesepakatan kedua-duanya. Jika sekali transaksi feenya Rp 10.000, maka bisa saja yang nanggung adalah si A, si B atau ditanggung bersama yakni masing-masing Rp 5.000. Semuanya sangat tergantung kesepakatan dan juga kebijakan yang diberlakukan oleh pemilik rekening bersama tersebut. 

Saat ini muncul banyak sekali tawaran layanan rekening bersama. Meski demikian Anda juga harus waspada karena beberapa rekening bersama justru adalah sumber penipuan. Kadang penipu membuka layanan rekening bersama untuk meyakinkan dan mengelabui korbannya bahwa mereka bukan penipu. Padahal masih satu komplotan. Saran kami pilihlah rekening bersama yang independen, sudah memiliki reputasi yang dikenal luas dan tidak menjadi bagian yang direferensikan si penjual atau si pembeli. Soal tarif yang beda-beda sedikit bukanlah masalah asalkan alamatnya jelas, nama pemilik rekening diketahui, tempat tinggalnya sesuai dengan cabang rekening yang dicantumkan dan reputasinya sudah dikenal luas. Jangan pernah sekali-kali menggunakan jasa rekening bersama baik individual atau perusahaan yang tidak memiliki alamat jelas.

Sponsored links Penggunaan Rekening Bersama:
   
 
This online store website designed by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes and reviewed by Konsumen Review