Toko paling murah menyediakan informasi belanja terbaik. Cari dan temukan produk yang sudah dilisting di sini. Selamat berbelanja!

Alternatif Transaksi: Gunakan Rekening Bersama!

Gunakan jasa rekening bersama.
Rekening bersama (escrow agent) bisa menjadi alternatif untuk menghindari kasus penipuan jual beli online selain memilih jasa layanan cash on delivery (COD). Apa maksud dan pengertian dari "rekening bersama" ini? Bagaimana sistem dan cara kerja transaksinya dilakukan? Di bawah ini akan kami jelaskan secara sederhana.
 
Menggunakan Jasa Rekening Bersama

Biasanya kalau berbelanja online, kita memilih transfer ke rekening si penjual. Ini sudah lumrah. Masalahnya ada banyak sekali penjual bodong (palsu) di internet terutama di iklan-iklan gratis. Orang-orang ini tidak punya toko bahkan produk. Mereka sengaja berniat untuk menipu. Andaikata kita tertarik lalu memesan barang pasti disuruh transfer uang. Begitu uang sudah ditransfer maka orang-orang ini akan menghilang. Apes bukan? Bagaimana kita menarik kembali uang kita? Melapor ke bank atau polisi juga percuma karena di menit yang bersamaan uang tersebut sudah mereka tarik tunai lewat mesin ATM. Berurusan dengan polisi juga sia-sia karena butuh biaya bahkan kalau kasus kecil didiamkan saja. Cuma masuk laporan tanpa tidak lanjut kecuali sudah ramai masuk televisi dan menimpa banyak korban.

Sistem dan cara kerja rekening bersama berusaha menghindari kasus-kasus penipuan online seperti itu. Kita tidak melakukan pembayaran (transfer) ke rekening si penjual melainkan ke rekening bersama (rekber). Siapa pemilik rekening bersama? Bisa sebuah perusahaan khusus penyedia jasa escrow atau sekelompok internet marketer yang sudah dikenal luas di forum-forum internet. Penggunaannya bisa atas inisiatif kita sebagai pembeli atau hasil kesepakatan penjual dengan pembeli. Boleh dikatakan jika ada penjual yang menolak rekening bersama maka 80% pasti penipuan karena rekening bersama tidak merugikan siapa-siapa. Yang diperlukan hanyalah pengelola rekening bersama yang sudah memiliki reputasi.

Begitu sudah deal, kita mentransfer ke rekening bersama dan menginformasikannya kepada si penjual. Penjual mengkonfirmasi ulang ke pengelola rekening bersama dan baru mengirim barang. Jika ketahuan tidak ada uang masuk, penjual tidak akan mengirim barang karena pembeli tidak serius. Jika uang sudah masuk, pembeli akan langsung mengirim barang. Begitu barang sudah kita terima, kita konfirmasi ulang ke pengelola rekening bersama dan saat itu juga uang akan ditransfer ke penjual. Beres! Sama-sama diuntungkan. Pembeli dan penjual tidak perlu kuatir saling menipu atau ditipu.

A = pembeli
B = penjual
C = rekening bersama (escrow agent)
  1. A melakukan pembayaran ke C.
  2. C menginformasikan ke B bahwa uangnya sudah masuk sehingga bisa segera mengirimkan barang ke A. 
  3. Setelah menerima barang, si A menginformasikannya ke C.
  4. C langsung mentransfer uang ke B
Lalu apa keuntungan si C menjadi mediator seperti ini? Sudah pasti ada biaya yang harus dibayarkan baik oleh pihak si A, si B atau kesepakatan kedua belah pihak. Misalnya jika fee-nya sebesar Rp 20.000 maka bisa ditanggung oleh si penjual, si pembeli atau berdua masing-masing Rp 10.000. Besarnya fee biasanya diukur dari nilai belanja atau biaya-biaya lain yang juga dibebankan oleh bank sebagai penggunaan fasilitasnya. Tentu si C tidak mau sampai rugi. C hanya menyediakan jasa saja untuk memfasilitasi terjadinya transaksi.

Saat ini muncul banyak sekali tawaran jasa layanan rekening bersama. Meski demikian kita harus memilih yang benar-benar sudah memiliki reputasi bagus dan dikenal luas. Jangan sampai memilih jasa rekening bersama yang justru dibuat oleh kawanan penipu. Mereka berkomplot dan mengarahkan pembayaran ke kawanan mereka juga. Pilih yang independen atau yang berbentuk perusahaan. Yang memiliki alamat jelas. Jangan hanya berpatokan pada fee-nya saja. Mahal sedikit tidak jadi soal asal profesional dan kredibel.

Sponsored links Escrow Agent:   

 
This online store website designed by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes and reviewed by Konsumen Review